Senin, 27 Februari 2012

SOSIALISASI KEBERSIHAN PASAR LIBATKAN SENIMAN TRADISIONAL “DADONG REROD CS”

SOSIALISASI KEBERSIHAN PASAR LIBATKAN SENIMAN TRADISIONAL “DADONG REROD CS”

Seniman tradisional  tampaknya masih cukup handal dijadikan sebagai sarana sosialisasi berbagai program ditengah kemajuan teknologi yang sudah serba canggih saat ini. Peran ini bisa dilihat pada sosialisai kebersihan Pasar Desa yang dilakukan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPM PD) Kota Denpasa, yang melibatkan seniman Dadong Rerod Cs, Selasa (28/2) di Pasar Nyanggelan Desa Adat Panjer Densel.
Sosialisasi kebersihan ini disampaikan dalam bentuk lawakan sehingga menarik baik pedagang  mapun para pengunjung pasar yang sedang berbelanja. Dengan cara ini tampaknya pesan-pesan penting bagaimana menjaga kebersihan pasar bisa masuk, dengan cara yang santai dan jauh dari kesan formal. “masyarakat disatu sisi akan mendapatkan informasi disisi yang lain sekaligus juga mendapatkan hiburan,” tegas Kepala BPM PD Made Mertajaya yang juga mantan Camat Densel yang baru saja menduduki promosi jabatan ini. Pasar Desa atau Pasar Tradisional yang selama ini terkesan jorok, becek, dan banyak sampah disekitarnya oleh seniman Dadong Rerod yang mempunyai Nama asli I Wayan Juana Adisaputra diharapkan bisa tampil menjadi pasar Sapta Pesona yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan penuh kenangan. Dasar seniman tidak pernah kurang akal untuk menyampaikan pesannya lewat interaksi langsung turun kepasar dengan canda tawa, Dadong Rerod minta para pedagang untuk tetap menjaga kebersihan pasar menggunakan bahasa campuran Indonesia dan bahasa Bali. “ingetang pedagang peken nyanggelan sing dadi ngentungang Luwu, yening peken kedas nyama brayane pasti lakar meblanja ka Peken , magesah ngalih mudah” yang artinya para pedagang pasar agar selalu ingat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, jika pasar bersih masyarakat akan senang belanja ke pasar tradisional sekaligus bercengkrama mencari harga murah,  ujar juana sapaan akrab Dadong Rerod.  Saat menyampaikan lawaknya Dadong Rerod Cs juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada para pedagang yang hadianya lumayan uang  Rp. 50.000.  para pedagang pun terlihat tampak antusias  medengarkan  lawakan dan informasi penting  meningkatkan eksistensi Pasar Desa ditengah gempuran pasar modrn saat ini. Tidak saja  pertanyaan  kepada  para pedagang , para pengunjung pasar juga diberikan permainan menarik “Jagoan Nawar”, dan uang kaget.  Pemenangnya diberikan hadiah berupa uang belanja.
Dalam acara ini Kepala BPM PD  Mertajaya mengatakan pihaknya secara berkesinambungan melakukan pembinaan manajemen pasar Desa serta menumbuhkan komitmen untuk berbenah sesuai dengan semangat penataan pasar Desa. Disamping itu sebagai instrumen penting untuk dapat bersaing dengan pasar modrn  dan menjadi basis penting pengembangan ekonomi kerakyatan. Penampilan lawak Dadong rerod Cs akan berlangsung di 10 Pasar yang telah mendapatkan penilaiaan pada Festival Pasar beberapa waktu  lalu. Dari kegiatan ini Mertajaya mengharapkan Pasar Desa dapat berbenah  secara bertahap menuju Pasar Sapta Pesona.  (YANTOK)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar